Nina Nugroho Dalam Balutan Ulos Deli Serdang Ifw 2018

Muslimah–  Dalam perhelatan fashion akbar 2018 , Indonesia Fashion Week 2018,desainer Nina Nugroho berkolaborasi dengan kabupaten Deli  Serdang Sumatera Utara.  Deli Serdang yaitu salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Utara yang memiliki bebarapa obyek wisata menyerupai rumah kedatukan ,Gereja Buluh Awar, Tari Serampang XII serta Masjid Raya Sultan Basyarudin atau Masjid Raya Rantau Panjang.

 

Selain kearifan lokal kabupaten Deli Serdang juga memiliki hasil karya para warga pengrajin busana yaitu kain Ulos. Menurut Kepala dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten Deli Serdang Rafis semua kain Ulos yang terdapat di sumatera utara , masing masing kawasan memiliki ciri khas tersendiri termasuk deli serdang.

 

Kabupaten Deli Serdang sendiri gres pertama kali mengikuti program akbar Indonesia Fashion Week 2018 dan berharap sanggup mempromosikan kain ulos dan tekstil deli serdang di tingkat nasional. Terdapat dua puluh tujuh pengrajin tradisional yang di bina oleh dinas perindag kabupaten Deli Serdang. Kabupten Deli Serdang akan terus Fokus untuk memasarkan produk produk tekstil alasannya peluangnya sangat besar.

 

Menurut Ketua dekranasda kabupaten deli serdang,pengrajin ulos terus di bina dan di kembangan melalui beberapa program baik di deli serdang sendiri maupun di provinsi Sumatera Utara. Letak Strategis deli serdang yang berdekatan dengan bandara kualanamu medan,menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatan untuk mencari oleh oleh khas deli serdang.

 

Pada program Indonesia Fahsion week 2018, Nina Nugroho Mengambil tema “ Techo Culture’’ yaitu dengan mengkolaborasikan kain Ulos Deli serdang dalam karya rancangannya. Nina Nugroho sendiri gres pertama kali mengangkat kain ulos dari deli serdang alasannya berdasarkan beliau kain ulos deli serdang ketika ini sangat cocok dengan karyanya.